3 Tabel Angsuran BSI 2024: Syarat dan Cara Pengajuan

Sebagai bank syariah yang kini sudah menjadi bagian perbankan nasional, BSI tentunya semakin melengkapi produk yang dimilikinya. Salah satu yang banyak dicari adalah pembiayaan dengan tabel angsuran BSI yang bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Bank Syariah Indonesia ini merupakan merger dari tiga bank syariah di bawah naungan bank nasional Indonesia. Mulai eksis sejak 2021 dengan nasabah yang sudah mencapai 18,4 juta, yang memilih berbagai produk perbankannya termasuk pembiayaan.

Cara Membaca Tabel Angsuran BSI Resmi

Tabel Angsuran BSI 2023

Tabel Angsuran BSI Terbaru

Apakah kamu sudah tahu, jenis pembiayaan yang akan diajukan? Dalam proses persiapan, kamu bisa pula mengecek tabel angsuran BSI yang tersedia.

Secara umum, ada enam kolom dalam tabel tersebut, tiga kolom pertama merupakan data kredit untuk rincian jumlah pembiayaan yang disediakan kategori tujuan modal kerja.

Kemudian dua kolom berikutnya menjelaskan berapa jumlah cicilan harus dibayar, untuk jenis pembiayaan investasi. Dimana tenornya adalah 4 dan 5 tahun. Jika mau melakukan kalkulasi sendiri, maka kamu akan lebih mudah dengan adanya tabel tersebut.

Tinggal menyesuaikan dengan kemampuan finansial kamu untuk melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Melalui aplikasi atau situs resmi BSI, kamu juga dapat membaca tabel angsuran tersebut sebagai pedoman pengajuan kredit.

9 Produk Pembiayaan Terbaik BSI

Dari puluhan produk perbankan yang dimiliki BSI, 17 diantaranya merupakan produk pembiayaan dengan target nasabah sangat variatif. Sembilan diantaranya merupakan yang populer di kalangan pencari produk kredit untuk berbagai kebutuhan. Mau tahu apa saja produk tersebut?

1. Mitraguna Online

Buat kamu yang memiliki masalah dalam pembayaran pinjaman online, salah satu solusi yang bisa dipilih adalah produk Mitraguna Online ini. Syaratnya tergolong mudah, asalkan kamu memberikan informasi yang lengkap dan tepat seputar masalah yang dihadapi.

Baca Juga:  3+ Cara Merangkum Jurnal Online dengan Ringkas

Cukup dengan mengawali pengajuan melalui call center BSI, selanjutnya kamu bisa melakukan sejumlah tahapan tersedia sampai mendapatkan solusi finansial yang tepat.

2. Pensiun Berkah

Masa pensiun sebaiknya dihabiskan dengan istirahat dan memiliki tabungan yang cukup untuk tetap bisa bertahan hidup dan melakukan berbagai hal menyenangkan.

BSI menyediakan produk Pensiun Berkah agar kamu bisa mempersiapkan masa pensiun dengan tabungan. Jadi, ketika masa itu tiba kamu tidak harus bergantung pada orang lain.

3. Oto

Mau punya kendaraan? Pakai pembiayaan Oto dari BSI saja, prosedurnya gampang dan kamu dapat memilih jenis mobil yang ingin dibeli dengan tenor dan angsuran seperti pada tidak memberatkan.

4. Multiguna Hasanah

Ini adalah jenis pembiayaan konsumtif, bagi nasabah yang butuh dana untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk memperbaiki rumah, biaya pernikahan, membeli perabot rumah, dan sejenisnya.

Tentunya ada syarat tertentu yang perlu dipenuhi jika ingin pengajuan pembiayaan yang kamu lakukan disetujui pihak bank.

5. Mitraguna Berkah

Mirip dengan Multiguna Hasanah, jenis pembiayaan ini juga berhubungan dengan berbagai kebutuhan. Namun, soal angsuran lebih kecil dan tanpa kenaikan bunga alias stabilitas bunga selama tenor berjalan.

6. KUR Mikro

Untuk para pebisnis skala mikro, bisa mendapatkan pinjaman modal berupa investasi BSI dengan nilai minimal Rp10 juta. Tentunya untuk menerima pembiayaan ini, dibutuhkan persyaratan yang sesuai salah satunya dokumen usaha yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

7. KUR Super Mikro

Usaha kecil dengan modal kecil, bisa kamu rintis dengan meminjam modalnya melalui BSI. Prosedurnya juga tergolong mudah selama bisa menyediakan semua syaratnya maka kemungkinan pembiayaan disetujui semakin besar.

8. KUR Kecil

Butuh modal usaha minimal Rp50.000.000 untuk membuka usaha atau mengembangkannya? Kamu juga bisa mengajukan pembiayaan jenis KUR kecil ini dengan persyaratan relatif mudah untuk dilengkapi dan prosedur tidak rumit

Baca Juga:  Cara Mengatasi Status WA Tidak Muncul / Hilang 100% Work

9. KPR Sejahtera

Ketika memiliki keinginan untuk punya rumah sendiri, namun terbentur dana maka kamu bisa mengajukan kredit perumahan yang dimiliki BSI. Dengan memegang prinsip syariah, berbeda dengan bank konvensional dimana harga jual dari rumah yang kamu pilih akan lebih ringan.

Tips Memilih Produk Pembiayaan BSI

Dari sekian banyak produk pembiayaan dengan tabel angsuran BSI yang sangat kompetitif dan variatif, tentu bisa membuat kamu bingung mau memilih mengajukan jenis pembiayaannya.

Oleh karena itu, ada sejumlah tips dapat dilakukan untuk memperoleh jenis produk tepat sesuai kebutuhan dan tepat dari segi tenor dan besaran angsuran.

1. Pastikan Suku Bunga Produk Rendah

Nilai suku bunga bulanan dan tahunan sangat berpengaruh pada total angsuran pembiayaan yang harus dibayar. Kamu harus pintar mencari produk pembiayaan yang suku bunganya rendah, kemudian setelah dikalkulasi dengan penghasilanmu tidak akan memberatkan saat bayar cicilan

2. Cari Jangka Waktu Tenor yang Sesuai

Jangka waktu tenor dari pembiayaan sangat beragam tergantung pada jenis pembiayaan yang diajukan hingga berapa nominal pengajuan akan dilakukan.

Carilah tenor yang sesuai dengan ketersediaan dana untuk membayar angsuran tersebut. Biasanya, untuk jumlah pengajuan kecil maka tenornya akan singkat pula. Begitu juga kalau nominal kredit yang diajukan besar, tenor yang tersedia akan lebih panjang.

3. Penalti Keterlambatan Minim

Tidak ada orang yang bisa memprediksi apa yang terjadi nanti, termasuk kemungkinan terkena penalti dari BSI ketika kamu terlambat membayar cicilan. Jika suatu saat kamu tak dapat membayar cicilan bank, tentu dampaknya akan dirasakan saat ini juga/

4. Syarat Pengajuan Bisa Dipenuhi

Pastikan juga semua syarat pengajuan dapat kamu penuhi dengan baik. Kamu dapat mengecek informasi syarat tersebut di situs resmi BSI, lalu coba persiapkan semua syarat hingga lengkap. Biasanya yang membuat rumit adalah dokumen penunjang finansial, dokumen sponsor bila dibutuhkan.

5. Plafon Kredit Sesuai Nominal Kebutuhan

Kamu perlu memilih jenis pembiayaan, dengan plafon kredit sesuai yang kamu butuhkan. Plafon ini dapat dilihat melalui tabel angsuran BSI yang valid dan terbaru.

Baca Juga:  Cara Unbind Akun Moonton ML Lupa Email dan Password

Kemudian sesuaikan dengan jumlah dana kebutuhan kamu, tapi meskipun plafonnya tinggi jangan langsung tergiur memilih yang tertinggi. Alasannya, tentu akan memberatkanmu saat harus membayar cicilan. Apalagi kalau sebenarnya jumlah pinjaman yang dibutuhkan lebih kecil dari plafon tertinggi

6. Proses Cair Relatif Cepat

Kalau kamu butuh dana dalam waktu cepat, maka pilih pembiayaan BSI yang proses pencairannya cepat. Tujuannya supaya dana tersebut dapat langsung digunakan dan masalah finansial kamu bisa segera teratasi.

Cara Menghindari Kredit Macet BSI

Salah satu masalah yang sering timbul dan membuat pihak perbankan ekstra hati-hati adalah kredit macet. Sebelum itu terjadi, hindari sejak awal pengajuan pembiayaan yang ternyata pembayaran cicilannya tidak dapat kamu lakukan tepat waktu.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat kalkulasi dana yang dibutuhkan, kemudian cek tenor yang disediakan. Selanjutnya kamu harus memastikan bahwa selama proses tenor berlangsung, sudah tersedia anggaran untuk pembayaran cicilan.

Kamu juga harus memastikan dana atau jenis pembiayaan yang dipilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Jangan berlebih dan dipakai untuk hal lain, sehingga nantinya hanya akan membebankan pengeluaran saat membayar cicilannya.

Sudah tahu apa saja jenis pembiayaan populer yang disediakan BSI? Coba cek tabel angsuran BSI yang ada, lalu lakukan tips untuk menentukan jenis pembiayaan dan bagaimana proses pengembalian melalui cicilan bulanan.

Baca Juga: