Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton Jawa dan Tanggal Lahir

Dari sekian banyak ramalan, ramalan jodoh berdasarkan weton cukup menarik untuk dicoba. Bahkan tak hanya dilakukan mereka yang masih jomblo, orang yang telah memiliki kekasih pun tak jarang mengecek kecocokan pasangan melalui ramalan tersebut.

Primbon weton adalah salah satu budaya Jawa yang digunakan dalam perhitungan hari lahir seseorang sebagai patokan penunjuk ramalan. Terdapat banyak hal yang dapat diketahui dari weton, mulai dari rejeki, nasib, hari baik, jodoh, dan lain-lain.

Baca Juga: Ramalan Nasib Berdasarkan Weton

Pengertian Weton

Pengertian Weton

Istilah ini pasti sudah tidak asing di telinga orang Jawa. Meskipun begitu, mungkin tak jarang orang hanya mengetahui istilahnya saja tanpa mengerti apa maksud sebenarnya dari weton.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), weton merupakan hari lahir seseorang berdasarkan pasarannya seperti Pon, Wage, Legi, Kliwon, dan Pahing. Namun dalam budaya Jawa tak hanya dianggap sebagai tanggal lahir saja, tapi dapat digunakan sebagai perhitungan maupun penanggalan hari lahir untuk ramalan tertentu.

Selain itu tak jarang juga dikaitkan dengan karakter seseorang, sehingga perilaku dan watak seseorang dapat dilihat berdasarkan tanggal lahir. Weton juga bisa digunakan untuk meramal suatu peristiwa dan dapat ditelaah dengan siklus hari di kalender tradisional.

Baca Juga: Ramalan Jodoh Berdasarkan Zodiak, Nama, dan Tanggal Lahir

Fungsi Weton

Dipercaya memiliki fungsi-fungsi khusus, berikut penjelasannya :

  • Menentukan hari pernikahan.
  • Dipercaya dapat menentukan nasib seseorang.
  • Membantu dalam menentukan hari puasa weton.
  • Mengetahui bagaimana perilaku dan watak seseorang.
  • Menentukan hari penting untuk seseorang.
Baca Juga:  [PDF] Download Cerpen Hewan Lengkap Bahasa Indonesia

Cara Menghitung Neptu Melalui Weton dan Hari Lahir

Cara Menghitung Neptu Melalui Weton dan Hari Lahir

Sebelum memulai, terlebih dahulu persiapkan hari lahir dan weton Anda beserta pasangan. Setelah itu, perhatikan nilai neptu masing-masing dengan melihat daftar di bawah ini :

Hari

  • Senin : 4
  • Selasa : 3
  • Rabu : 7
  • Kamis : 8
  • Jumat : 6
  • Sabtu : 9
  • Minggu : 5

Weton

  • Wage : 4
  • Kliwon : 8
  • Legi : 5
  • Pahing : 9
  • Pon : 7

Untuk menghitung neptu hari lahir, perhatikan contoh berikut :

Jika Anda lahir pada hari Selasa Legi, maka neptunya adalah 3 + 5 = 8. Hitung neptu milik pasangan dengan cara serupa misalnya lahir di hari Sabtu Wage maka 9 + 4 = 13, lalu jumlahkan kedua neptu 8 + 13 = 21.

Setelah mendapatkan hasilnya, bagi jumlah angka tersebut dengan angka 7. Lihat berapa jumlah angka yang tersisa, karena angka tersebutlah yang akan digunakan sebagai perhitungan ramalan jodoh.

Contohnya neptu Anda adalah 8 dan neptu pasangan 13. Maka perhitungannya adalah 8 + 13 = 21. 21 / 7 = 3.

Baca Juga: Cara Melihat Masa Depan dari Garis Tangan

Hasil Perhitungan Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton

Hasil Perhitungan Ramalan Jodoh Berdasarkan Weton

Setelah mendapatkan nilai dari jumlah neptu Anda dan pasangan, perhatikan ramalan jodohnya di bawah ini :

1 (Wasesa Segara)

Jika sisa yang diperoleh adalah 1, maka ramalan untuk Anda berdua adalah kelak akan menjadi pasangan dengan keluhuran budi pekerti, berwibawa di mata orang lain, mudah memberi maaf, serta selalu lapang dada dalam beragam hal.

2 (Tunggak Semi)

Jika hasil akhirnya adalah 2, maka Anda dan kekasih termasuk pasangan yang nantinya akan selalu dilimpahi rejeki dalam rumah tangganya.

3 (Satria Wibawa)

Untuk sisa angka 3, Anda dan pasangan dalam kehidupan rumah tangga akan memiliki keluhuran serta kemuliaan baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat.

4 (Sumur Sinaba)

Bagi pasangan dengan sisa angka 4, cenderung memiliki kepandaian dan pengetahuan luar biasa sehingga tak heran jika kerap menjadi tempat bertanya untuk orang lain.

Baca Juga:  3 Cek Harga Tiket Pesawat Medan Jakarta Terbaru 2024

5 (Satria Wirang)

Untuk angka 5, melambangkan jika Anda beserta kekasih dalam kehidupan rumah tangganya akan kerap menanggung susah dan malu.

6 (Bumi Kepetak)

Pasangan Bumi Kepetak dalam kehidupan rumah tangganya diramalkan akan tahan terhadap suasana kalut hati serta sengsara. Selain itu sisi positif dari pasangan ini adalah suka menjaga kebersihan dan rajin dalam bekerja.

0 (Lebu Ketiup Angin)

Pasangan Lebu Ketiup Angin cenderung sering berpindah rumah, keinginannya tidak terkabul, serta kehidupannya sengsara.

Bolehkah Percaya Ramalan Jodoh?

Jika melihat ramalan dan hanya digunakan untuk seru-seruan, sekedar iseng serta tidak percaya berlebihan maka hal ini sah-sah saja dilakukan. Karena kembali lagi, jodoh adalah salah satu misteri yang hanya diketahui Tuhan. Sehingga tak perlu khawatir jika mendapat hasil buruk, karena semua hal di dunia ini telah diatur oleh Tuhan.

Ramalan jodoh berdasarkan weton Jawa dan tanggal lahir di atas bisa dicoba jika merasa penasaran tentang nasib Anda serta kekasih. Namun ada baiknya untuk tidak terlalu meyakini hal tersebut, karena seluruh hal di dunia ini telah digariskan oleh Tuhan termasuk jodoh maupun nasib.

Ada perjodohan dengan membawa efek positif, ada pula yang membawa efek negatif. Sehingga tradisi meramal ini dapat dijadikan sebagai bentuk pengharapan agar nantinya dapat mencapai kehidupan rumah tangga sesuai dengan yang diinginkan.