Curug Love Nanggung Bogor: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Sebagai kota hujan, ternyata Bogor juga punya banyak wisata air. Salah satunya adalah Curug Love Nanggung yang belakangan semakin populer. Sebagaimana namanya, curug ini memang berbentuk hati. Nama lain dari air terjun ini adalah Curug Leuwi Catang atau Curug Catang.

Berbeda dengan curug pada umumnya yang berada di daerah hutan atau gunung, wisata air Bogor ini berada di area persawahan dan perkebunan hijau. Tentu, ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang banyak membuat wisatawan penasaran.

Lokasi Curug Love

Untuk lokasinya, alamat dari Curug Love adalah Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh kurang lebih 90 menit. Jarak dari pusat kota Bogor sekitar 37 km. Akses jalannya baik, karena Anda bisa mendatangi lokasi menggunakan kendaraan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir harus berjalan kaki ke lokasi karena jalanannya memang mudah untuk diakses. Wisata alam sudah sepatutnya menjadi tempat berlibur ternyaman karena Anda akan langsung terkoneksi dengan alam.

Daya Tarik Curug Love Nanggung Bogor

Curug Love Nanggung

Sebagai tempat wisata yang indah, tentu ada banyak daya tarik yang disimpan oleh curug Love. Berikut ini adalah beberapa daya tariknya.

1. Diapit Batu Estetik

Luar biasa. Kata itu akan meluncur begitu saja ketika Anda menyaksikan curug yang diapit oleh batu alam estetik ini. Anda mungkin akan teringat pada Grand Canyon di Amerika, karena visualnya memang seindah itu.

Tapi curug ini tentu punya kelebihan sendiri. Berbeda dengan Grand Canyon, curug ini memberikan sentuhan akrab yang membuat siapa pun yang datang merasa seakan menjadi bagian dari alam itu sendiri.

Baca Juga:  Curug Layung Camp Situ Lembang: Harga Tiket, Lokasi

2. Air Biru yang Segar

Anda tidak perlu khawatir mengenai air yang kotor atau tercemar, karena air terjun ini menyimpan air yang biru jernih. Kejernihan airnya begitu mengagumkan sehingga Anda dapat melihat hingga ke dasar kolam dengan mudah, mengungkap keindahan batu-batu dasar yang tertata secara alami.

Sensasi sejuk dan menyegarkan akan terasa begitu Anda mencelupkan jari-jari tangan Anda ke dalam airnya atau memutuskan untuk berendam sejenak. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri, membuat pengalaman di curug ini begitu luar biasa dan tak terlupakan.

3. Dinding Batu Berkelok

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, curug ini diapit oleh batu estetik sehingga memiliki dinding cantik yang berkelok.

Curug ini memang tidak terlalu tinggi dengan tinggi 5 meter. Ini membuat air yang mengalir cukup deras dan langsung memenuhi kolam di bagian bawah. Air biru yang indah mengalir deras dan menyejukkan diapit oleh dinding batu yang menggambarkan kemurnian alam.

4. Spot Foto Menarik

Tentu, Anda tidak boleh melewatkan momen berfoto di Curug Love Nanggung ini. Alasannya karena banyak spot foto menarik dengan background alam. Terutama jika Anda ingin berfoto sambil berendam di aliran air terjun.

Dengan batuan yang mengapit, foto yang Anda hasilkan sudah pasti luar biasa. Aura alami yang terpancar dari curug ini akan menambah nilai estetika pada setiap jepretan, menjadikan setiap momen yang terekam dalam kamera sebagai karya seni yang indah dan autentik.

Tidak hanya itu, cahaya matahari yang menembus daun-daun pepohonan dan memantulkan cahayanya pada butiran air akan menciptakan efek visual yang menakjubkan, menghasilkan gambar-gambar yang penuh dengan kontras dan keindahan alam yang tiada tanding.

5. Camping

Anda juga bisa mengajak teman untuk camping di curug ini. Suasananya sangat nyaman karena dikelilingi persawahan yang menambah keindahan alami tempat ini.

Berkemah di sekitar curug akan memberikan pengalaman yang istimewa, terutama saat malam tiba. Anda dapat merasakan kedamaian malam dan langit penuh bintang yang gemerlap di atas.

Baca Juga:  Curug Ibun Pelangi: Review Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Menyalakan api unggun sambil mendengarkan suara gemuruh air terjun dan mengobrol dengan teman-teman di sekitar api, menciptakan momen kebersamaan yang tak terlupakan.

6. Outbond dan Jelajah Malam

Anda juga bisa melakukan outbond dan jelajah malam yang menarik di sekitar curug ini. Aktivitas outbond dapat mencakup berbagai permainan dan tantangan di alam terbuka, atau ermainan petualangan tim yang memacu adrenalin.

Ini adalah cara yang fantastis untuk membangun kerjasama dan semangat tim sambil menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, jelajah malam dapat menjadi pengalaman yang mengesankan di curug ini.

Dengan membawa peralatan pencahayaan yang cukup, Anda dapat menjelajahi sekitar curug di malam hari, mengeksplorasi kehidupan malam yang berbeda dari siang hari.

7. Memiliki Nama Unik

Jika muncul pertanyaan mengapa disebut curug Love? Ini karena bentuk batu atau dinding yang mengapit air menyerupai hati, sehingga disebut Love.

Di tepi batuan curug ditumbuhi semak-semak serta tanaman. Banyak wisatawan yang sering menemui selang panjang mengalir ke sawah warga. Ini karena aliran dari air curug ini memang dimanfaatkan oleh warga untuk mengairi sawah serta kebun mereka.

Aktivitas di Curug Love Nanggung

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di curug ini. Mulai dari berfoto, berendam santai, berenang, atau sekedar menikmati keindahan alamnya. Kolamnya dangkal sehingga aman untuk para wisatawan.

Anda bisa berenang dengan bebas atau bahkan rafting menggunakan ban pelampung. Anda tidak perlu membawanya sendiri dari rumah, karena sudah tersedia penyewaan ban pelampung. Anda juga bisa mengajak para sahabat atau keluarga untuk berpiknik di area air terjun.

Menikmati suasana alam sambil bercanda atau mengobrol dengan orang-orang tersayang merupakan sebuah anugerah. Aktivitas seperti outbond dan camping juga bisa dilakukan di curug ini. Apalagi tempatnya dikelilingi oleh persawahan yang luas.

Baca Juga:  Curug Walet Pamijahan: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas fotografi yang seru. Jika Anda pecinta fotografi, air terjun adalah tempat yang sempurna untuk menangkap keindahan alam dan efek air yang mengalir dengan kamera.

Fasilitas

Lalu, apa saja fasilitas yang dimiliki oleh curug Love? Tenang, ada banyak fasilitas menarik yang bisa membuat Anda merasa nyaman. Beberapa fasilitasnya antara lain:

  • Spot foto menarik
  • Warung
  • Camping ground
  • Toilet dan kamar mandi
  • Persewaan alat outbound, pelampung, dan ban.
  • Area parkir kendaraan

Tiket Masuk dan Jam Buka

Berapa harga masuk Curug Bogor? Untuk biaya tiket masuk di Curug Love ini, Anda hanya perlu membayar Rp10.000 saja per orang. Jika membawa kendaraan, Anda akan dikenakan biaya tambahan parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor atau Rp10.000 untuk mobil.

Perlu diingat bahwa biaya tiket masuk dan retribusi tambahan lain dapat berubah sewaktu-waktu. Curug Love ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Jadi, Anda bisa datang kapanpun untuk berlibur.

Curug Love Nanggung menjadi salah satu bukti keindahan alam Indonesia yang mempesona. Keindahan alam yang akan membantu Anda tenang sejenak dari lelahnya pekerjaan. Bahkan Anda bisa berkunjung kapanpun dengan harga tiket yang murah di lokasi cantik ini.

Baca Juga: