Curug Ciputri Tenjolaya: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Bogor terkenal memiliki banyak wisata alam pegunungan yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Curug Ciputri Tenjolaya yang berada di bawah kaki Gunung Salak dengan ketinggian 2180 mdpl. Area pegunungan yang pastinya berudara sejuk dan memiliki panorama alam nan indah.

Selain menikmati pemandaFngan, pengunjung juga dapat mendaki jalan perbukitan atau berkemah di tengah-tengah alam hijau. Tentu ini bisa menjadi aktivitas outdoor yang menarik untuk quality time bersama teman, pasangan, atau keluarga. Baca artikel berikut untuk mengetahui review selengkapnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata Air terjun Ciputri Tenjolaya terletak di Desa Tapos, sebuah desa di kawasan Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 21 kilometer dari pusat Kota Bogor atau bisa ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Rute menuju lokasi Air Terjun Tenjolaya ini juga mudah dilalui. Jika berangkat dari Pusat Kota Bogor, ambil Jalan Raya Bogor, lalu belok kanan ke arah Dermaga. Kemudian, belok kiri menuju Kecamatan Tenjolaya. Setelah ada pertigaan, belok kiri lagi hingga sampai Desa Tapos dan masuk area wisata.

Daya Tarik Curug Ciputri Tenjolaya

Rekreasi ke wisata alam memang menjadi pilihan liburan menarik untuk melepas penat dari segala rutinitas. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan perkotaan yang jauh dari pemandangan pepohonan hijau. Untuk itu, coba kunjungi Air Terjun Ciputri Tenjolaya yang punya banyak daya tarik berikut ini.

1. Pesona Air Terjun Cantik dengan Kolam yang Tidak Terlalu Dalam

Air Terjun Ciputri memiliki ketinggian sekitar 30-50 meter dengan. Jatuhan airnya mengalir dari tebing yang memukau di sekelilingnya. Penampakannya semakin memesona dengan jatuhan air yang bersih dan jernih. Lalu jatuh ke bawah dan tertampung secara alami di kolam yang tak terlalu dalam.

Baca Juga:  Curug Walet Pamijahan: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun sambil bermain air di kolam. Airnya begitu dingin menusuk kulit, tapi menciptakan sensasi segar yang menenangkan. Ditambah lagi dengan udara sejuk yang kaya akan oksigen untuk relaksasi tubuh.

2. Terikat Legenda dan Mitos yang Termasyur

Ada yang menyebut nama Curug Ciputri diambil dari penampakannya yang menyerupai seorang putri bergaun putih. Tapi ada pula yang mengaitkannya dengan salah satu legenda termasyur, bahwa air terjun Ciputri merupakan tempat mandi para putri Kayangan.

Ketika hari tengah hujan dan matahari bersinar terang, terlihat pelangi yang dipercaya sebagai jalannya para putri turun dari Kayangan. Selain itu, masyarakat setempat juga percaya bahwa air terjun Ciputri dapat menyembuhkan beragam penyakit.

3. Hutan Asri dengan Keragaman Flora dan Fauna

Wisata Curug Ciputri Tenjolaya juga terkenal dengan pesona hutan alami yang masih terjaga kelestariannya. Hutan ini kaya akan keragaman hayati khas hutan pegunungan bawah (sub-montana) yang didominasi perkebunan pinus merkusii. Ada juga deretan pohon bambu yang menjulang tinggi di sekitarnya.

Kawanan hewan yang tinggal di hutan ini juga cukup beragam. Mulai dari landak, aneka burung berwarna-warni, hingga kelompok monyet yang memanjat pepohonan tinggi. Keberadaan mereka menambah suara alam yang syahdu dan menenangkan.

4. Terdapat Rumah Pohon Unik untuk Bersantai

Kalau tempat istirahat berupa gazebo sudah biasa. Wisata Ciputri Tenjolaya punya tempat beristirahat yang lebih menarik, yaitu berupa rumah pohon unik. Jadi, terdapat bangunan kecil menyerupai rumah yang didirikan di atas pohon, lengkap dengan tangga untuk naik-turun.

Pengunjung bisa bersantai di dalam rumah pohon tersebut sambil menyaksikan pemandangan hutan pinus dari atas ketinggian pohon. Ada juga pemandangan perbukitan di kejauhan dan city lights yang berkilauan indah saat malam hari.

Baca Juga:  Curug Ceret Naringgul: Review Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

5. Banyak Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Liburan ke wisata air terjun bukan berarti hanya bisa diam mengamati pemandangan air terjun. Di Ciputri Tenjolaya, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama teman seperjalanan, di antaranya:

  • Bermain air. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di area kolam yang menampung dan mengalirkan air terjun. Kolamnya tidak terlalu dalam, sehingga cukup aman untuk bermain air.
  • Hunting foto dengan latar belakang foto super apik dari beragam panorama alam yang ditawarkan Ciputri Tenjolaya. Mulai dari pemandangan hutan pinus, air terjun, dan spot-spot foto buatan yang tak kalah menarik.
  • Trekking dari tempat parkir hingga area air terjun yang memakan waktu sekitar 30 menit. Melewati jalur pepohonan pinus yang asri, jalan bebatuan, dan turunan yang cukup landai.
  • Camping di hamparan rumput hijau yang dikelilingi pohon pinus. Pengunjung boleh membawa dan mendirikan tenda sendiri atau sewa tenda ke pihak pengelola.

Fasilitas

Tidak perlu takut kelaparan atau bingung mau kencing di mana jika tiba-tiba kebelet pipis saat berada di Curug Ciputri Tenjolaya. Karena pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, antara lain:

  • Toilet yang bersih untuk tempat buang kecil dan besar.
  • Kamar mandi khusus pengunjung yang ingin mandi atau membersihkan diri.
  • Mushola khusus pengunjung muslim yang ingin melaksanakan ibadah sholat.
  • Warung yang menjual berbagai jenis makanan, minuman, dan camilan.
  • Camping ground yang luas, lengkap dengan jasa penyewaan tenda. Tapi jika pengunjung membawa tenda sendiri juga diperbolehkan.
  • Area api unggun bagi pengunjung yang ingin menyalakan api unggun saat berkemah di malam hari.

Di sekitar lokasi Air Terjun Ciputri juga terdapat beberapa tempat penginapan, seperti villa atau cottage. Biasanya tempat penginapan tersebut telah dilengkapi kamar tidur dan kamar mandi tersendiri. Ini bisa menjadi alternatif penginapan selain berkemah di dalam tenda.

Sementara jika ingin menginap di hotel dengan fasilitas yang lebih lengkap dan mewah, maka lokasinya cukup jauh dari Air Terjun Ciputri. Pengunjung baru bisa menemukan berbagai pilihan hotel di pusat Kota Bogor yang berjarak sekitar 21 kilometer.

Baca Juga:  Curug Putri Palutungan: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Harga Tiket Masuk

Curug Ciputri Tenjolaya buka setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam penuh. Harga tiketnya berbeda-beda, tergantung jenis wisata yang dipilih, yaitu hiking atau camping. Kemudian, dibedakan lagi menurut kategori pengunjung (pelajar atau umum) dan hari berkunjung (weekday atau weekend).

Selain itu, terdapat biaya parkir kendaraan bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor. Berikut daftar harga selengkapnya.

1. Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Wisata Hiking

  • Tiket hiking pelajar: Rp18.000 (weekday) dan Rp20.000 (weekend).
  • Tiket hiking umum: Rp20.000 (weekday) dan Rp30.000 (weekend).
  • Biaya parkir motor: Rp17.000 (weekday) dan Rp22.000 (weekend).
  • Biaya parkir mobil: Rp35.000 (weekday) dan Rp45.000 (weekend).

2. Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir Wisata Camping

  • Tiket camping pelajar: Rp40.500 (weekday) dan Rp42.500 (weekend).
  • Tiket camping umum: Rp55.000 (weekday) dan Rp65.000 (weekend).
  • Biaya parkir motor: Rp27.000 (weekday) dan Rp32.000 (weekend).
  • Biaya parkir mobil: Rp50.000 (weekday) dan Rp60.000 (weekend).

Di tengah gempuran pekerjaan dan rutinitas yang menjemukan, kini saatnya ambil waktu liburan sejenak untuk mengembalikan energi. Coba hiking atau camping di Curug Ciputri Tenjolaya yang menawarkan pemandangan air terjun, hutan pinus, dan perbukitan nan indah.

Baca Juga: