6+ Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Melamar kerja namun tanpa adanya informasi terkait lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut adalah inisiatif sendiri yang rupanya cukup banyak dilakukan. Meskipun termasuk cukup berani, namun contoh surat lamaran pekerjaan inisiatif sendiri nyatanya masih sering dicari dan digunakan.

Surat lamaran kerja inisiatif sendiri adalah salah satu cara untuk menunjukkan kemampuan dan keseriusan Anda dalam hal melamar di perusahaan tersebut, meskipun perusahaan tersebut sedang tidak membuka lowongan kerja besar-besaran.

Baca Juga: Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

6 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar dan Lengkap

Contoh surat lamaran pekerjaan inisiatif sendiri

Berikut beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa digunakan untuk referensi. Tentunya Anda bisa mengedit contoh tersebut sesuai dengan data diri masing-masing.

1. Surat Lamaran Bagian Administrasi

Kepada Yth.

HRD

Saya merupakan lulusan dari SMK 2021 dengan mengambil Administrasi Perkantoran. Dengan adanya latar belakang tersebut ingin mengisi khususnya untuk menempati posisi Administrasi. Saya belum memiliki pengalaman kerja, namun saya yakin dapat bekerja untuk perusahaan Bapak/Ibu sesuai dengan yang diharapkan berbekal keterampilan dan pendidikan tambahan yang dimiliki.

Bersama surat ini saya lampirkan 1 (satu) lembar daftar riwayat hidup serta lampiran salinan ijazah yang saya miliki sebagai bahan pertimbangan.

Besar harapan saya agar bisa bergabung dengan perusahaan ini.

Hormat saya,

(nama pelamar)

2. Surat Lamaran Bagian Editor Konten

Kepada Yth.

Baca Juga:  8 Cara Refund Tiket Garuda di Traveloka Terbaru 2024

HRD

Saya menemukan jika perusahaan Anda saat ini ada lowongan bagian Editor Konten, dan saya meyakini kemampuan yang saya miliki bisa mengisi posisi editor.

Saya juga sudah mempunyai pengalaman pada posisi editor di perusahaan A selama 3 tahun, serta memiliki ketertarikan besar khususnya dalam dunia tulis menulis sehingga saya yakin bisa berkontribusi bagi perusahaan Anda dalam posisi ini.

Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda serta berkontribusi pada proyek yang saat ini sedang berjalan. Terima kasih atas waktunya.

Hormat saya,

(nama pelamar)

3. Surat Lamaran Bagian Programmer

Kepada Yth.

HRD

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda karena ingin meningkatkan pengalaman serta keterampilan saya khususnya dalam bidang pemrograman. Saya memiliki pengetahuan luas terkait bahasa pemrograman seperti Python, Java, hingga C++ serta mampu menerapkan dalam membuat aplikasi yang efektif.

Selain itu saya juga berpengalaman selama 2 tahun dalam pemrograman web serta pengembangan aplikasi berkualitas tinggi. Sehingga saya yakin bisa berkontribusi dengan baik untuk proyek perusahaan Anda.

Hormat saya,

(nama pelamar)

4. Surat Lamaran Bagian Marketing Manager

Kepada Yth.

HRD

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda, karena ingin terlibat dalam tim yang hebat dan kreatif demi memajukan perusahaan.

Saya memiliki pengalaman merancang strategi penjualan, memimpin tim penjualan, melakukan riset pasar, hingga membangun hubungan baik dengan klien. Karena itu saya merasa kemampuan dan pengetahuan yang saya miliki dapat berguna untuk perusahaan Bapak/Ibu.

5. Surat Lamaran Bagian Waiter

Kepada Yth.

Bagian Personalia Kafe

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama :

Tempat, tanggal lahir :

Pendidikan terakhir :

Alamat :

Nomor telepon :

Bersama dengan surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi pramusaji di kafe A atas inisiatif sendiri. Saya mampu bekerjasama dalam tim, jujur, dan disiplin.

Baca Juga:  49+ Link Preset Alight Motion Jedag Jedug 3D Full Beat

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen :

Besar harapan saya untuk bergabung dengan kafe A. Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama pelamar)

6. Surat Lamaran Bagian Front-End Developer

Kepada Yth.

HRD

Salam sejahtera,

Saya menulis surat ini untuk melamar posisi front-end developer perusahaan Bapak/Ibu. Saya tertarik untuk bekerja di bidang teknologi, serta ingin mengembangkan keterampilan saya dalam lingkup kerja yang inovatif.

Pengalaman kerja saya sebagai front-end developer untuk perusahaan e-commerce ternama, memiliki kemampuan khusus mengembangkan aplikasi web, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan HTML, CSS, hingga JavaScript.

Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu karena saya yakin perusahaan ini adalah tempat yang tepat untuk saya mengembangkan keterampilan.

Hormat saya,

(nama pelamar)

Baca Juga: Contoh Undangan Tahlilan

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti dalam membuat lamaran kerja :

  • Singkat dan padat, hindari menulis surat lamaran bertele-tele.
  • Gunakan bahasa baku dan mudah dimengerti.
  • Pastikan menulis nama perusahaan dengan benar. Jika ditujukan pada seseorang, pastikan nama dan jabatan yang ditulis benar.
  • Rapi dan bersih agar mudah dibaca.
  • Bagian pembukaan surat, pastikan Anda menuliskan dari mana lowongan kerja tersebut didapat.
  • Ceritakan secara singkat posisi, bidang pekerjaan, serta pengalaman Anda. Perhatikan untuk menuliskan pengalaman yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.
  • Proof read atau baca kembali keseluruhan tulisan dan pastikan setiap bagiannya sudah benar.

Contoh surat lamaran pekerjaan di atas cocok dikirimkan ketika Anda ingin melamar kerja di perusahaan tertentu atas inisiatif sendiri, karena belum adanya lowongan pekerjaan yang dibuka di perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Kapan Harga Tiket Pesawat Turun? Simak Disini 2024

Meskipun terkesan berani namun keefektifan surat ini cukup tinggi apabila ditulis dengan baik, serta menuliskan kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang ada di perusahaan tersebut.