Cara Mengetahui WA Disadap Orang Lain atau Tidak

Cara mengetahui wa disadap orang lain atau tidak bisa dilihat dari beberapa tanda umum yang sering dialami. Seperti tidak bisa login wa, tidak bisa melakukan panggilan telepon, tiba-tiba keluar dari aplikasi wa, belum membaca pesan tapi sudah terbaca, mengirim pesan sendiri, baterai cepat habisa dan sering menerima OTP.

Whatsapp adalah salah satu aplikasi perpesanan dan video call yang saat ini paling banyak digunakan di dunia termasuk di Indonesia. Tetapi akhir-akhir ini banyak terjadi kasus peretasan atau penyadapan whatsapp. Sehingga pengguna aplikasi whatsapp merasa tidak aman ketika menggunakan whatsapp.

Pertasan whatsapp ini bisa terjadi karena oknum yang ingin mendapatkan data dan menjual data penggguna whatsapp untuk kebutuhan tertentu.  Dan bisa jadi peretasan whatsapp dilakukan oleh orang terdekatmu.

Cara Mengetahui WA Disadap Orang Lain Atau Tidak

Jadi untuk kamu yang mungkin merasa akhir-akhir ini menggunakan aplikasi whatsapp ada yang berbeda. Kamu bisa menerapkan beberapa cara mengetahui wa disadap orang lain atau tidak dengan mengetahui tanda-tanda berikut :

1. Cek Daftar Teman

Pertama kamu bisa mencoba melakukan pengecekan di kontak whatsapp kamu dengan membuka aplikasi dan ketuk ikon chat dibagian bawah aplikasi. Setelah itu, kamu cek apakah di dalam daftar teman terdapat teman baru yang tidak kamu kenal dalam daftar.

Baca Juga:  Cara Unbind Akun Moonton ML Lupa Email dan Password

Jika tiba-tiba ada daftar teman baru muncul, maka ada kemungkinan aplikasi whatsapp kamu telah disadap.

Baca juga : Cara Menyadap WhatsApp Lewat Google tanpa Persetujuan

2. Cek Sesi Chat Terbaru

Kamu juga bisa melakukan pengecekan whatsapp kamu diretas atau tidak dengan mengecek sesi chat terbaru. Kamu silahkan klik titik tiga di aplikasi whatsapp, dan kamu pilih Linked Device/Perangkat Tertarut.

Silahkan kamu lihat daftar Last Active, apakah terdapat perangkat yang tidak dikenal terhubung ke aplikasi whatsapp kamu. Jika kamu merasa ada perangkat yang tidak dikenal terhubung, silahkan kamu pilih opsi Log Out dari perangkat tersebut.

3. Cek Informasi Kontak

Biasanya ketika orang yang melakukan peretasan wa, mereka akan mengubah informasi kontak. Kamu bisa mengeceknya dengan cara tekan titik tiga dikanan atas aplikasi wa.

Setelah itu, kamu pilih menu Pengaturan, dan kamu masuk ke menu Profil. Di halaman Profil ini kamu bisa cek dengan teliti. Ketika ada perubahan pada profil, kamu segera amankan akun whatsapp dengan melakukan proses verifikasi dua langkah.

4. Sering Menerima OTP

Cara mengetahui wa disadap orang lain yang umum lainnya ditandai dengan nomor hp kamu akan sering mendapatkan SMS OTP. Selain kamu sering mendapatkan OTP, ketika kamu mengggunakan aplikasi WA, kamu juga tiba-tiba sering keluar dan masuk aplikasi sendiri.

Dan pastikan ketika kamu mendapatkan OTP kamu tidak memberikan kode tersebut kepada siapapun. Karena banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan orang yang kamu kenal, atau sebagai panitia dari program undian yang minta kode OTP sebagai syarat mendapatkan undian.

Baca juga : Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Mematikan Data

5. Baterai HP Cepat Habis

Ketika hp diretas atau disadap hal ini juga akan mempengaruhi performa baterai yang digunakan. Jadi ketika kamu merasa akhir-akhir ini baterai hp kamu terasa lebih cepat habis. Maka ada kemungkinan hp kamu sedang disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Cara Backup Whatsapp Android & iPhone tanpa Google Drive

6. Pesan Chat Terbaca Walaupun Pesan Belum Dibuka

Cara mengetahui wa disadap orang lain atau tidak yang paling mudah bisa dengan cara memperhatikan pesan chat wa yang masuk.

Jika kamu mendapati sering ada chat yang sudah terbuka, padahal kamu belum pernah membukanya. Maka ada kemungkinan bahwa whatsapp kamu gunakan telah disadap oleh orang lain. Karena pesan chat yang baru masuk tersebut telah dibaca terlebih dahulu oleh orang yang menyadap.

7. Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Kamu juga bisa mengetahui wa kamu disadap orang lain ketika kamu menggunakan fitur panggilan whatsapp. Tetapi kamu tidak bisa menelpon kontak yang ada di akun whatsapp kamu.

8. Ada Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuanmu

Tanda whatsapp kamu disadap lainnya yang bisa kamu ketahui adalah terdapat pesan terkirim tanpa sepengetahuanmu. Jadi ada kemungkinan pesan yang terkirim tersebut dilakukan oleh orang yang melakukan penyadapan whatsappmu.

Cara Mencegah Whatsapp Disadap Orang Lain

Cara Mencegah Whatsapp Disadap Orang Lain

Kamu sudah membaca cara mengetahui wa disadap orang lain di atas? Jika kamu tidak ingin disadap atau terkena kasus pertasan aplikasi whatsapp maka bisa lakukan hal berikut :

1. Tambahkan Two Step Verification

Untuk mencegah aplikasi whatsapp kamu disadap atau diretas, maka kamu bisa menambahkan verifikasi dua langkah dengan menerapkan step beriku :

  • Pertama kamu klik ikon titi tiga di aplikasi whatsapp dan kamu pilih menu Settings, dan kamu pilih Pengaturan Akun/Account.
  • Lanjut lagi denga memilih Verifiakasi dua langkah atau Two Step Verification.
  • Maka langkah selanjutnya aplikasi wa akan meminta kamu mengaktifkan PIN dengan klik Enable.
  • Lalu kamu buat PIN dengan jumlah enam digit, pastikan PIN yang dibuat mudah kamu ingat dan jangan gunakan PIN tanggal dan bulan lahir.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk menginputkan alamat email agar bisa terhubung ke akun whatsapp. Email ini memiliki manfaat untuk mengganti PINj, jika suatu saat kamu lupa PIN.
Baca Juga:  Cara Mengubah Tema Youtube menjadi Gelap di Laptop, Android, iPhone

2. Gunakan Fitur FingerPrint

Langkah selanjutnya kamu juga bisa melakukan pengamanan akun whatsaspp dengan menggunakan fingerprint, dengan langkah sebagai berikut

  • Pertama di aplikasi wa kamu pilih atau tap titik tiga di kanan atas. Aplikasi wa.
  • Setelah itu, kamu pilih Privasi dan pilih kunci Sidik Jari dan kamu akfitkan.
  • Selanjutnya kamu harus merekam sidij jari untuk membuka aplikasi wa untuk lebih aman digunakan.

Sekian itulah tadi cara mengetahui wa disadap orang lain atau tidak dan cara mencegah agar wa kamu terhindar dari penyadapan.